5 Bahaya duduk terlalu lama

5 BAHAYA DUDUK TERLALU LAMA

5 BAHAYA DUDUK TERLALU LAMA

Cara atasi risiko duduk terlalu lama
Cara atasi risiko duduk terlalu lama

Apa benar sih duduk terlalu lama bisa berbahaya? Aktivitas sehari-hari yang dilakukan menuntut kita untuk tetap beraktivitas dengan posisi atau gerakan yang sama secara terus-menerus. Tidak jarang, tubuh kita bahkan terpaku pada satu posisi selama berjam-jam. 

Salah satu aktivitas yang selalu kita lakukan secara terus menerus adalah duduk  terlalu lama. Mari kita hitung aktivitas kita sehari-hari yang dilakukan dengan duduk. Mulai dari berangkat beraktivitas menggunakan kendaraan, bekerja di depan layar komputer, belajar di sekolah, makan, pulang dari beraktivitas, hingga berkumpul dengan keluarga. Ternyata banyak ya aktivitas yang kita lakukan dengan duduk terlalu lama dalam sehari-hari!

Duduk memang membuat kita menghabiskan lebih sedikit energi dibandingkan aktivitas lainnya seperti berdiri atau bergerak. Namun, duduk terlalu lama ternyata memiliki dampak yang negatif loh! 

Duduk dalam waktu yang lama juga berdampak terhadap kesehatan secara jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya, tubuh manusia didesain untuk berdiri sehingga sistem jantung dan kardiovaskular dapat bekerja secara efektif. Selain itu, fungsi usus juga menjadi lebih efektif apabila tubuh manusia banyak beraktivitas secara berdiri. Tubuh kita juga akan menjadi lebih berenergi apabila terus bergerak setiap hari.

Kira-kira, apa aja sih dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan duduk terlalu lama?

Nyeri dan Lemah Otot

Ternyata, Duduk terlalu lama dapat berdampak buruk terhadap otot loh. Otot punggung, bahu, dan pinggul menjadi lebih kaku dan terasa pegal karena bagian tubuh tersebut bekerja lebih banyak saat duduk. Oleh karena itu, duduk terlalu lama dapat memicu nyeri otot yang parah

Selain itu, otot kaki dan bokong juga dapat beresiko kehilangan massa ototnya apabila duduk terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan otot-otot di bagian tersebut menjadi lemah dan meningkatkan resiko cidera.

Sakit Pinggang dan Punggung

Tidak hanya nyeri otot, duduk terlalu lama juga dapat berdampak terhadap pinggang dan punggung juga loh. Tekanan yang diberikan terhadap punggung dan pinggang akibat duduk terlalu lama cukup besar sehingga tidak mampu mendukung beban dalam jangka waktu lama yang mengakibatkan masalah pada sendi pinggang.

Selain itu, duduk terlalu lama juga dapat berdampak ke punggung, khususnya apabila posisi duduk tidak benar atau postur tidak ergonomis. Postur duduk yang tidak baik dapat menyebabkan memburuknya kesehatan tulang belakang dan kepingan di tulang belakang secara jangka panjang.

Meningkatkan Resiko Diabetes

Selain berdampak terhadap otot dan tulang, duduk terlalu lama juga ternyata memiliki dampak dalam meningkatkan risiko diabets loh! Tidak tanggung-tanggung, risiko diabetes dapat meningkat sebesar 112 persen! Duduk dalam waktu yang lama juga meningkatkan resistensi insulin yang memicu diabetes.

Meningkatkan Berat Badan dan Risiko Obesitas

Banyak bergerak dapat membuat otot melepaskan molekul lipoprotein lipase yang membantu proses penyerapan lemak dan gula yang dikonsumsi. Saat anda menghabiskan waktu dengan sedikit bergerak dapat mengurangi pelepasan molekul tersebut sehingga meningkatkan risiko bertambahnya berat badan. 

Tidak hanya itu, duduk terlalu lama juga dapat memicu sindrom metabolisme yang dapat meningkatkan risiko kesehatan dan sulit diatasi walaupun dengan rutin berolahraga. Hal ini disebabkan karena metabolisme menjadi lambat sehingga kinerja tubuh menjadi menurun

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Hati-hati! Duduk terlalu lama juga memiliki dampak terhadap kesehatan jantung kamu! Menurut penelitian dari American College of Sports Medicine menunjukkan bahwa laki-laki yang menghabiskan waktunya lebih dari 23 jam perminggu untuk menonton televisi memiliki 64 persen lebih tinggi risiko terkena penyakit jantung. 

Tidak hanya itu, penelitian dari British Journal of Sports Medicine juga mengungkapkan bahwa orang yang duduk lebih lama memiliki 147 persen risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung atau stroke dibandingkan yang lain.

Nah Itu tadi penjelasan singkat terkait bahaya dari kebiasaan duduk terlalu lama. Ternyata banyak juga ya efek buruk baik jangka pendek maupun jangka panjang yang ditimbulkan akibat duduk dalam waktu yang lama. Kira-kira apa saja ya cara untuk menghindari dampak akibat duduk sangat lama?

  • Berdiri atau berjalan sejenak setelah duduk selama 30 menit
  • Bekerja dengan berdiri menggunakan standing desk
  • Menggunakan kursi yang ergonomis
  • Lebih sering beraktivitas atau berolahraga di waktu luang seperti jogging, bersepeda, memasak, atau bersih-bersih
  • Berdiri saat menggunakan transportasi umum jika memungkinkan

Setelah mengetahui tips untuk menurunkan risiko akibat duduk terlalu lama, ternyata apa yang kita konsumsi juga penting loh! Kita bisa konsumsi asupan yang dapat membantu memperkuat tulang dan sendi, seperti susu kambing etawa. Salah satu susu kambing etawa yang direkomendasikan untuk memperkuat tulang dan sendi adalah ORIGOAT!

ORIGOAT merupakan susu kambing etawa bubuk yang terbuat dari susu kambing etawa murni dengan kualitas terbaik. Tidak hanya itu, ORIGOAT juga mengandung bahan pemanis alami seperti gula kelapa yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, konsumsi ORIGOAT tiap hari dapat membantu memperkuat tulang dan sendi anda! Yuk konsumsi ORIGOAT susu kambing etawa!