Gerakan Yoga untuk nyeri lutut

Yuk Lakukan 4 Gerakan Yoga Ini untuk Atasi Nyeri Lutut!

Yuk Lakukan 4 Gerakan Yoga Ini untuk Atasi Nyeri Lutut!

Tak hanya baik untuk kebugaran tubuh, ternyata Yoga juga bisa membantu mengatasi nyeri lutut lho. Yuk ketahui gerakan yoga mana yang bisa mengatasi nyeri lutut dengan menyimak artikel berikut ini!

Origoat, Bantul –  Yoga sudah menjadi salah satu olahraga yang makin hari makin populer dan punya banyak peminat. Olahraga ini menggabungkan beberapa aspek seperti latihan pernapasan, meditasi dan posisi tubuh yang bermanfaat untuk relaksasi dan mengurangi stress. 

Tak hanya itu, melakukan yoga juga bisa memberikan manfaat kesehatan tubuh lain. Salah satunya untuk meredakan nyeri pada lutut. 

Menurut John Hopkins Medicine, nyeri pada lutut dapat terjadi akibat penuaan, cedera, atau stress berulang pada lutut ligamen, terkilir dan tendonitis, serta radang sendi. 

Rasa nyeri pada sendi, terutama lutut tentu akan sangat mengganggu dalam beraktivitas. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga berikut ini. 

1. Trikonasana

Trikonasana Yoga

Gerakan yoga ini bermanfaat untuk membantu memperkuat kaki, lutut, pergelangan kaki dan dada. Rutin melakukan gerakan ini juga bisa membantu meredakan rasa sakit di leher dan bahu, serta meredakan sendi yang kaku.

Selain itu, melakukan gerakan ini dengan pose yang tepat juga bisa bermanfaat untuk kelancaran pencernaan dan metabolisme, mengurangi stress dan membantu mengatasi kecemasan serta membuat diri lebih tenang. 

Untuk melakukannya, mulailah dengan berdiri tegak dan buka kaki lebar, lalu rentangkan tangan ke samping. Setelah itu, geser kaki kanan hingga membentuk sudut siku-siku atau 90 derajat.

Setelah kaki cukup kuat, tekuklah badan ke arah kanan hingga tangan kanan menyentuh lantai. Pada posisi ini, pastikan tangan kiri dan wajah menghadap atas. Ulangi gerakan yang sama pada sisi sebelah kiri dan ulangi beberapa kali.

2. Veerasana

Veerasana Yoga

Pose veerasana bisa memberi manfaat ke otot paha, pinggul dan lengan. Rutin melakukan gerakan yang satu ini juga bisa menjadi “obat” untuk mengatasi radang sendi, hingga meningkatkan sirkulasi di sekitar sendi.

Selain itu, gerakan yoga ini juga bermanfaat untuk memperkuat persendian dan memperbaiki sirkulasi pada sendi, serta membantu meningkatkan kapasitas paru-paru.

3. Gomukhasana

Gomukhasana yoga

Untuk membantu meredakan nyeri lutut, Anda juga bisa melakukan gerakan yoga gomukhasana. Karena gerakan ini dapat memperbaiki sirkulasi darah di lutut dan pergelangan kaki. Selain itu, gerakan ini juga bermanfaat untuk sendi siku, bahu, jari, leher, tulang belakang dan pinggul.

Untuk melakukannya, duduklah dengan tegak di alas yang rata atau alas yoga. Kemudian letakkan kaki atau lutut kanan diatas lutut kiri. Pastikan untuk duduk dengan tegak saat melakukan pose ini. Lalu, letakkan kedua tangan di belakang bahu dengan posisi saling menarik. 

4. Vrikshasana

Yoga Vrikshasana

Gerakan yoga ini sering disebut juga dengan istilah pose pohon. Untuk melakukannya, berdirilah dengan tegak dan tekukkan kaki kanan ke sisi dalam kaki kiri. Kemudian, satukan kedua tangan diatas kepala.

Gerakan yoga ini bermanfaat untuk meredakan nyeri pada lutut, bahu, sendi, pergelangan kaki, pinggul, tangan dan jari. Rutin melakukan gerakan ini juga dapat memperkuat otot perut, merelaksasi pikiran dan meningkatkan kemampuan fokus.

5. Tadasana

Yoga tadasana

Gerakan tadasana sekilas terlihat sederhana karena hanya seperti berdiri saja. Namun ternyata, jika dilakukan dengan benar, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan. 

Beberapa diantaranya seperti mengencangkan otot tubuh, menguatkan otot pada dan lutut sampai mengencangkan perut dan pantat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cobalah untuk memfokuskan pikiran, hindari lompat kesana kemari. Cukup berdiri di atas matras, lalu menarik tubuh berjinjit dengan kedua tangan diatas sambil menarik nafas. Tahan posisi ini selama dua detik, lalu turunkan tangan sambil kaki yang berjinjit kembali ke lantai.

Jadi itulah 5 gerakan yoga yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi nyeri pada lutut. Nah jika Anda ingin berlatih yoga, sebaiknya persiapkan peralatan yang memadai ya. Tujuannya tentu untuk menghindari risiko cedera atau membuat nyeri lutut semakin parah.

Beberapa peralatan yoga yang perlu Anda persiapkan salah satunya adalah matras yang tebal. Bantalan empuk dari matras dapat mencegah tekanan berlebih saat lutut menyentuh lantai.

Meski demikian, Anda juga sebaiknya hindari memilih matras yoga terlalu empuk, karena bisa mempengaruhi keseimbangan tubuh saat berdiri. 

Akan lebih baik lagi, jika selama melakukan yoga Anda mendapat pendampingan dari trainer profesional ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

BACA JUGA:

Begini Pertolongan Pertama pada Cedera Lutut

Kenali 6 Jenis Olaraga untuk Mencegah Tulang Keropos

Hindari Makanan Ini Ketika Sakit Pinggang